Seminar Jaminan Kesehatan Nasional 2014

DEPOK, Himpunan Mahasiswa Departemen Administrasi Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat UI (AKK FKM UI) menyelenggarakan seminar ekonomi kesehatan yang bertajuk “Paket Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional 2014: Sejauh Mana Menjawab Kebutuhan Pelayanan Kesehatan Kita?” Seminar yang diadakan pada Selasa (18/12) di Ruang Promosi Doktor FKM UI ini membahas secara umum Jaminan Kesehatan Nasional yang akan mulai diberlakukan pada 2014.

Dibuka dengan sambutan dari Kepala Departemen AKK FKM UI Dr. Pujiyanto, S.K.M., M.Kes., seminar dimoderatori oleh Atik Nurwahyuni, S.K.M. M.K.M.yang merupakan dosen ilmu ekonomi kesehatan FKM UI. Pembicara pertama adalah Drs. Chazali Husni Situmorang, A.P.T., M.Sc., P.H.selaku ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional. Beliau memaparkan fungsi, tugas beserta roadmap dari Jaminan Kesehatan Nasional yang pada 1 januari 2014 akan dilaksanakan.

Pembicara kedua adalah dr. Umbu Marisi, M.P.H. selaku direktur operasional PT Askes yang ditunjuk sebagai penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional. Beliau menjelaskan mengenai manfaat apa saja yang ditanggung PT Askes dalam pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional. Nantinya para peserta jaminan kesehatan mendapat pelayanan medis yang komprehensif meliputi pelayanan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

Selanjutnya,drg. Usman Sumantri M.Sc., Kepala Pusat Jaminan Kesehatan Kementerian Kesehatan memberikan penjelasan mengenai model pembiayaan dan besarnya biaya iuran yang nanti akan dikenakan kepada peserta jaminan. Untuk menghindari kerugian pada pembiayaan asuransi, beliau menyarankan agar pendaftaran jaminan kesehatan nasional ini harus secara berkelompok, sehingga alih resiko bisa terjadi antarsesama peserta jaminan kesehatan nasional. Keterangan lain yang beliau paparkan adalah bahwa rakyat miskin, yang jumlahnya mencapai 86,4 juta jiwa, pembayaran iurannya akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah.

Pembicara terakhir adalah Prof. Budi Hidayat P.H., dosen FKM UI ini memaparkan mengenai kemampuan masyarakat untuk bergabung menjadi peserta dengan membayar iuran yang ditetapkan pemerintah. Isu selanjutnya apabila memang masyarakat mampu, adalah adakah kemauan masyarakat untuk mengikuti sistem jaminan kesehatan nasional ini. Perlu ada sosialiasi dan kajian lebih mendalam untuk melaksanakan amanat UU BPJs, yang mewajibkan seluruh rakyat Indonesia untuk tergabung dalam paket jaminan kesehatan ini.

Menurut panitia, acara ini diselenggarakan untuk memberikan edukasi dan juga sosialisasi kepada masyarakat mengenai keberadaan Jaminan Kesehatan Nasional. Berdasarkan riset kecil-kecilan yang dibuat panitia dengan mengambil sampel penelitain mahasiswa FKM, ditemukan fakta bahwa masih ada cukup banyak mahasiswa FKM yang belum memahami sepenuhnya mekanisme jaminan kesehatan nasional. Apabila dari mahasiswa FKM yang notabene adalah orang-orang yang paham dengan dunia kesehatan saja belum memahami sepenuhnya hal ini, maka sosialisasi pemerintah terhadap rakyat mengenai hal ini patut dipertanyakan. Untuk itulah, seminar ini diadakan sebagai sarana untuk menyosialisasikan kebijakan mengenai jaminan kesehatan nasional. (IRH)

sumber: http://www.ui.ac.id

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: